Minggu, 07 April 2019

Nara Sumber Dalam Pembinaan Prestasi Melalui Olimpiade Sains Nasional Ekonomi SMA N 1 Kuala Pembuang

         

         

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
         Salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional dalam bidang pendidikan salah satunya adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin, secara terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal. Misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan national yang demokratis dan bermutu, guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 
          Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikan. Dengan berbagai strategi, peningkatan mutu diarahkan untuk meningkatkan mutu siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dasar, penguasaan bahasa asing dan penanaman sikap dan perilaku yang mencerminkan budi pekerti. Era globalisasi memberikan inspirasi positif dalam masyarakat internasional. 
        Sebagai bagian dari masyarakat internasional, masa depan Indonesia sangat membutuhkan kemampuan kompetitif di kalangan pelajar untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah memfasilitasi kegiatan kegiatan yang mengarah pada kreativitas siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu dengan lomba-lomba baik yang berskala tingkat daerah maupun berskala pada tingkat nasional seperti Olimpiade Sains Nasional maupun tingkat international seperti International Physics Olympiad (IPhO), International ChemistryOlympiad (IChO), International Mathematics Olympiad (IMO),International Biology Olympiad (ISO), International Olympiad in Informatics (IOF) dan International Astronomy Olympiad(IAO).  
            Pada Olimpiade tingkat intemasional (SMA), siswa-siswi yang menjadi duta Indonesia telah berulangkali memperoleh prestasi yang sangat membanggakan. Ibaratnya hal tersebut dapat menjadi penyejuk di tengah keterpurukan dunia pendidikan di Indonesia. 
            Berdasarkan latar belakang itulah penulis tertarik untuk melakukan pembinaan prestasi kepada siswa dan siswi  SMA N 1 Kuala Pembuang dengan mengadakan pembinaan prestasi melalui pelatihan Olimpiade Sains Nasional Ekonomi dengan mengundang siswa dan siswi  yang dianggap berkompetense dengan mata pelajaran yang dilombakan pada Olimpiade Sains Nasional khususnya ilmu ekonomi.

B.     Tujuan
Tujuan khusus yang diharapkan dari pelaksanaan pembinaan prestasi melalui pelatihan Olimpide Sains Nasional Ekonomi adalah:
1.      Menyediakan wahana bagi siswa dan siswi  SMA N 1  Kuala Pembuang untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Ilmu pengetahuan Ekonomi khususnya Akuntansi sehingga dapat berkreasi serta melakukan inovasi sesuai kemampuannya.
2.      Memotivasi siswa dan siswi SMAN 1 agar dapat meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar.
3.      Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa dan siswi khususnya untuk siswa dan siswi  SMAN 1 Kuala Pembuang..
4.      Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas serta menanamkan sikap disiplin dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.      Meningkatkan kecerdasan bangsa dan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa yang akan datang. 

BAB II
METODE PELAKSANAAN
A.    Waktu dan Tempat
Pembinaan Prestasi Melalui Olimpiade Sains Nasional Ekonomi SMA N 1 Kuala Pembuang dilaksanakan pada :

Hari / tanggal  :  Senin, 13 Februai 2017
Waktu             :  08.00 - selesai
                         Selasa/ 14 Februari 2017
Waktu             :  08.00 – selesai
Tempat            : Aula SMA Negeri1 Kuala Pembuang Kec.Seruyan Hilir Kab.Seruyan
Peserta            :  30 orang

B.     Materi Nara Sumber
Olimpiade Sains Nasional 2017 untuk tingkat SMA merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengantarkan siswa dan siswi untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, Olimpiade ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa dan siswi bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bagi siswa dan siswi yang akan mengikuti kegiatan OSN terutama untuk Bidang Ekonomi/Akuntansi tentunya membutuhkan persiapan. Sebagai nara sumber akan memberikan dan membagikan contoh soal dan secara bersama-sama melakukan pembahasannya, yang di harapkan dapat membantu siswa dalam belajar memahami materi serta mampu menjawab berbagai pertanyaan dengan baik dan benar.
.
Alasan Penentuan Materi
               Pada umumnya siswa dan siswi SMA belum sepenuhnya mampu memahami dan menjawab soal- soal dengan baik dan benar, belum bisa memahami teknik menjawab agar tidak kehabisan waktu dalam menjawab soal-soal,  khususnya menjawab perhitungan akuntansi, dan pengetahuan tentang akuntansi.

    Metode Penyampaian Materi
Materi disampaikan dengan beberapa tahap, pertama sambutan dan pengenalan identitas nara sumber kepada siswa siswi, kemudian membagikan soal-soal Olimpiade  Sains Nasional, dilanjutkan dengan pendahuluan materi yang berisi tentang cara-cara menjawab Olimpiade Sains Nasional dengan mudah cepat dalam pemahaman,, selanjutnya dilaksanakan praktek langsung dengan tahapan yang telah disampaikan. Dalam tahap akhir pelatihan, disampaikan evaluasi langsung bagi nara sumber terkait materi dan praktek yang telah dilaksanakan serta diberi dorongan agar siswa- siswi  mampu menjawab soal-soal  yang trlah dibagikan.
C.     Tahapan Pelaksanaan Pelatihan
       Tahapan pelaksanaan yang dilakukan dalam pelatihan adalah : pra perencanaan, perencanaan, pelaksanaan, dan terakhir evaluasi serta pelaporan kegiatan.


D.    Indikator keberhasilan
       Indikator keberhasilan kegiatan pelatihan didasarkan pada beberapa aspek yaitu : tahapan kegiatan, jumlah kehadiran peserta, ketepatan waktu, partisipasi peserta, penyampaian materi dalam kegiatan,  pengelolaan anggaran,  sikap dan pengetahuan peserta pasca pelatihan.



BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Waktu
Waktu, kehadiran dan partisipasi peserta pelatihan pelaksanaan kegiatan yang 08:30 wib sesuai dengan yang di jadwalkan oleh tim.
Sedangkan untuk jumlah peserta ketika acara dimulai sebanyak 30  orang belum termasuk Kepala Sekolah, guru-guru beserta Stafnya.
Sementara untuk partisipasi peserta terhadap acara pelatihan sangat bagus karna sebelumnya mereka belum pernah ada yang melakukan pelatihan  pembuatan pembukuan sederhana.

B.     Tahapan kegiatan pelatihan pra perencanaan
Pelaksanaan kegiatan diawali dengan persiapan pra perencanaan terkait pembagian soal-soal Olimpiade Sains Nasional.

C.     Perencanaan
Perencanaan yang dilakukan terkait dengan beberapa kegiatan yaitu: penetapan waktu dan tempat kegiatan, jumlah peserta, susunan panitia pelatihan, pembuatan undangan, materi, metode penyampaian materi, jumlah materi dalam satuan mata pelatihan, kebutuhan alat dan bahan serta penentuan jumlah anggaran yang dibutuhkan. Selain itu juga dipertimbangkan penggunaan transportasi dan waktu berangkat ke tempat pelaksanaan pelatihan tersebut.

D.    Pelaksanaan
Tutor tim pelaksana hadir di lokasi pada pukul 07.00 WIB,  pelaksanaan kegiatan tim mendapat tugas masing-masing yang telah sesuai dengan kesepakatan yang dibuat dalam proses perencanaan, rincian tugas anggota tim dalam pelaksanaan pelatihan.

Berikut  nama-nama tim :
·         Sari Hayati (Ketua Pelaksana), bertanggungjawab terhadap materi nara sumber
·         Mira Aruna  (Ketua Tim) : Mengontak undangan, menjadi leader dan pengawas jalannya kegiatan
·         Winda Anjarwati (Sekretaris) : Mengurus administrasi pelatihan
·         Maulida Rizki Fadillah  (Bendahara) : Bertanggung jawab terhadap alat dan bahan pelatihan, bertanggung jawab terhadap urusaan administrasi keungan
·         Silvia Ulvatul Khasanah :: Bertanggung jawab terhadap pemberian dokumen materi pelatihan.
·         Anggota : Bertanggung jawab terhadap dokumentasi kegiatan dan membantu administrasi dan pelaporan kegiatan.

E.     Evaluasi dan laporan.
Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi langsung materi pelatihan, dan evaluasi keseluruhan tahapan kegiatan yang dilaksanakan oleh tim, sedangkan laporan disusun setelah tahapan kegiatan evaluasi dilaksanakan.

F.      Penutupan Acara Pelatihan
Kegiatan yang dilakukan selama penutupan acara adalah sebagai berikut: ucapan penutupan dan permohonan maaf,jika terdapat kesalahan atau kedatangan kami dalam melakukan kegiatan pelatihan telah menyita waktu  para peserta dan berpamitan kepada peserta kegiatan dan Kepala sekolah beserta staf..

G.    Evaluasi Terhadap Keseluruhan Kegiatan
Evaluasi terhadap keseluruhan kelompok dilakukan dalam dua tahap. Pertama dilakukan langsung setelah acara selesai dan dilakukan di Universitas Darwan Ali Kuala pembuang oleh seluruh anggota tim, yang kedua memberikan bantuan penjelasan jika ada peserta yang ingin menanyakan soal-soal Olimpiade Sains Nasional Ekonomi/akuntansi yang tidak mereka pahami.
Indikator keberhasilan biasanya berdasarkan beberapa Asumsi-asumsi dan juga
berdasarkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan maka dapat disusun beberapa Indikator keberhasilan kegiatan, yang disusun pada beberapa asumsi seperti, perencanaan, manajemen tim, partisipasi peserta, penyampaian materi dalam kegiatan, pengelolaan anggaran dan sikap dan pengetahuan peserta pasca pelatihan.

H.    Kelebihan,
Kelebihan dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini adalah:
·         Pembagian tugas terperinci dan jelas
·         Alat dan bahan yang digunakan memadai
·         Pemateri memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menyampaikan materi pelatihan
·         Kemampuan pengelolaan keuangan yang baik
·         Survey pendahuluan yang dilakukan oleh ketua tim, langsung menyentuh keseluruhan atau representasi anggota masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut.
·         Pada saat pelatihan dilaksanakan,peserta begitu antusiah mengikuti pelatihan tersebut.  terutama  ketika dibuka forum pertanyaan, peserta begitu bersemangat  menanyakan.

 Kekurangan :
·         Dana yang tersedia sangat terbatas.
·         Waktu pelaksanaan terbatas
 
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada pembahasan laporan ini, maka dapat disimpulkan beberapa hal yaitu:
·         Kegiatan secara umum berjalan dengan lancar, karena seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan dari pra perencanaan sampai evaluasi pelatihan dilaksanakan dengan baik.
·         Jumlah anggaran yang terbatas dapat dikelola dengan baik sehingga tidak menjadi masalah dalam pelatihan.
·         Pembagian tugas dalam tim jelas sehingga setiap anggota tim memiliki tugas dan tanggung jawab yang jelas dalam pelaksanaannya dan berdasarkan kompetensi yang dimiliki.
·         Antusiasme dan partisipasi peserta sangat baik dan sangat tertarik dengan kegiatan tersebut.

B.     Saran
Beberapa saran yang disampaikan baik bagi anggotan tim adalah sebagai berikut:
·         Survey pendahuluan yang dilakukan sebaiknya dilakukan lebih komperhensif, terutama terkait dengan karakter anggota kelompok sebenarnya.
·         Penggunaan waktu yang disediakan lebih baik, sehingga pelatihan dapat dilaksanakan secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar